Sabtu, 04 April 2015

Pengganti Internet Explorer "Spartan" Punya Fitur Unik

KOMPAS.com - Microsoft semakin matang menggodok Spartan, peramban (browser) baru yang nantinya akan disematkan dalam Windows 10. Mereka pun telah menyiapkan fitur-fitur canggih untuk pengganti Internet Explorer ini, yang kabarnya tidak akan ditemukan dalam peramban lain.

Fitur pertama yang disematkan di dalamnya adalah coretan, catatan, atau tulisan di halaman web. Penguna Windows 10 bisa memanfaatkan stylus untuk menuliskan catatan pada laman web yang sedang dibuka. Catatan tersebut bisa langsung dikirimkan ke rekan kerja atau teman pengguna.

Fitur ini akan memanfaatkan penyimpanan cloud One Drive milik Microsoft. Catatan yang disimpan di dalam sana berbentuk salinan halaman web yang bisa diakses melalui peramban-peramban lain.

Fitur canggih yang kedua adalah asisten digital Cortana. Perusahaan yang bermarkas di Redmond, AS itu berencana menggunakan Cortana untuk menampilkan informasi tentang penerbangan, pemesanan hotel, pelacak paket, serta data-data lain yang muncul diaddress bar.

Misalnya Anda mengetik “Garuda Indonesia” pada address bar, peramban secara otomatis menampilkan daftar penerbangan yang telah dilacaknya dan status penerbangannya.
Fitur tambahan lainnya disematkan pada bagian tab. Pengguna Spartan bisa mengumpulkan beberapa tab ke dalam satu kelompok. Fungsi yang sederhana namun dapat mempermudah mereka yang kerap membuka banyak situs sekaligus.

Dilansir KompasTekno dari The Verge, Jumat (9/1/2015), Spartan merupakan nama kode untuk menyebut peramban baru milik Windows 10. Peramban tersebut sejatinya belum bernama. Selain bocoran mengenai fitur-fitur itu, Spartan dirancang sebagai peramban tunggal untuk PC, tablet hingga smartphone Microsoft.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar