Rabu, 01 April 2015

Ada yang Hilang dari iOS 8

KOMPAS.com — Update iOS 8 kini sudah bisa diunduh oleh para pengguna iPhone, iPad, dan iPod. Salah satu fitur yang banyak ditunggu dari sistem operasi mobile terbaru Apple ini adalah HealthKit, API baru yang memungkinkan aplikasi pihak ketiga mengolah data monitoring kesehatan pengguna.

Namun, sebagaimana dilansir oleh The Next Web, sesaat sebelum iOS 8 dirilis, Apple justru memutuskan untuk menarik sejumlah aplikasi yang memakai HealthKit dari toko App Store.

Aplikasi-aplikasi seperti MyFitnessPal dan Carrot Fit pun batal mengedarkan versi terbaru yang menyertakan dukungan HealthKit. Para pengembangnya kini sibuk mengerjakan versi lain yang tak terintegrasi dengan framework kesehatan tersebut.

Apa pasal? Rupanya Apple menemukan bug di HealthKit pada menit-menit terakhir menjelang rilis iOS 8.

"Kami menemukan bug yang membuat aplikasi HealthKit tidak bisa tersedia untuk iOS 8 sekarang. Kami sedang mengerjakan update perbaikan sehingga aplikasi HealthKit sudah bisa didapatkan pada akhir bulan ini," tulis juru bicara Apple dalam sebuah pernyataan. 

Dengan HealthKit, aplikasi-aplikasi pihak ketiga sedianya bakal bisa mengakses databasekesehatan pengguna di iOS 8 yang dikumpulkan oleh program Health. Ini termasuk catatan jumlah langkah, jarak yang ditempuh, kalori yang dibakar, dan lain-lain.

Jadwal penyaluran update iOS 8 sendiri tak terpengaruh oleh bug HealthKit. Penggunagadget Apple sudah bisa mengunduh sistem operasi terbaru ini lewat menu Settings > General > Software Update.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar